Kenalilah Keahlianmu, dan Tunjukkan !! (Part 4)



Komponen Penting

         Adapun hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan diri, yaitu: Pertama, perhatian. Manusia memiliki kepribadian, emosionalitas, dan kecerdasan yang beragam. Bakat yang ada membutuhkan perhatian yang khusus dari luar. Sistem pendidikan yang menggunakan pola penyeragaman memang kurang baik untuk digunakan. Jadi, berusaha untuk mencermati berbagai kelebihan, ketrampilan, dan kemampuan yang tampak menonjol pada diri.

           Kedua, motivasi. Berusaha menanamkan nilai-nilai positif dengan kata-kata yang positif. Menanamkan rasa optimis sangat diperlukan untuk menjaga rasa kepercayaan diri agar tetap yakin dan fokus pada kelebihan yang dimiliki. Akan menjadi hal yang wajar ketika seseorang merasa kekurangan motivasi, maka ia akan mengistirahatkan perjuangnnya. Disitulah peran motivasi. Maka kita harus mencari motivasi itu sendiri dari lingkungan luar maupun dari dalam diri. Berbagilah dengan orang yang memiliki tujuan yang sama dan ikuti segala kegiatan yang menunjang pengembangan minat dan bakat kita.

            Ketiga adalah dukungan. Untuk mengembangkan suatu bakat diri, kita juga memerlukan sebuah dukungan. Dukungan bisa datang dari mana saja, dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan. Jika kita sedang berada di tengah-tengah masa berjuang untuk mempertahankan atau mengembangkan intelektualitas diri, maka kita harus berada dalam situasi dan kondisi yang mendukung. Seperti di sekolah atau kampus. Di sanalah tempat akademik untuk menuntut ilmu. Maka tempat yang paling nyaman untuk mencari sebuah ilmu tentu saja di sebuah lembaga akademik. Berbeda lagi ketika di rumah. Kita akan menganggap di rumah adalah tempat bersantai, sehingga jika kita terus-menerus berada di dalam rumah, kita akan merasa malas untuk melakukan sesuatu. Padahal ketika di sekolah, kita masih merasakan semangat yang tinggi untuk belajar.

            Tak kalah penting yang keempat adalah pengetahuan. Di mana pengetahuan dapat memperkaya kita dengan berbagai wawasan dan pengalaman di bidang yang sedang ditekuni. Dengan pengetahuan, kita dapat mengetahui lebih dalam mengenai bakat yang sedang kita tekuni. Kita tidak hanya mengetahui teknik dan cara praktek suatu bidang keahlian, tetapi teori yang mendasari bidang tersebut harus kita kuasai pula.

            Kelima, latihan. Ini adalah hal yang sangat penting dalam pengembangan bakat. Latihan secara kontinu sangatlah baik untuk perkembangan bakat kita. Agar bakat yang dimiliki lebih matang. Alangkah baiknya bila kita mengikuti ekstrakurikuler di sekolah, UKM di kampus atau mengikuti segala kegiatan yang menunjang bakat kita dengan baik.

            Keenam, penghargaan. Sekali-sekali berilah penghargaan pada diri sendiri atas pencapaian yang telah diraih. Misalnya, mentraktir beberapa sahabat dekat untuk merayakan kemenangan atas suatu kompetisi. Atau hanya berbagi permen cokelat pada teman sekelas. Penghargaan yang dibuat sendiri tidak harus selalu mahal, yang penting penghargaan itu bisa membuat diri sendiri merasa senang dan bermanfaat bagi orang lain. Selain itu juga penghargaan akan membuat diri menjadi lebih bersemangat untuk meraih prestasi yang lebih tinggi dari sebelumnya.

            Ketujuh, sarana. Meskipun tidak ada sarana yang disediakan oleh orang tua maupun diri sendiri untuk menunjang minat bakat, kita bisa menggunakan sarana dan prasarana yang telah disediakan oleh sekolah, kampus maupun kantor tempat kita bekerja. Semua sarana yang ada dapat digunakan. Tergantung bagaimana kita bisa menggunakan sarana-sarana yang ada dengan efektif dan efisien.

            Kedelapan, lingkungan. Dimana lingkungan ini juga memiliki banyak peran terhadap pengembangan bakat diri.  Suatu lingkungan dapat dikatakan mendukung jika lingkungan itu membawa energi positif pada diri. Untuk selalu mendorong kita agar melakukan hal-hal yang menunjang pengembangan bakat dan minat diri. Jika lingkungan tersebut tidak memiliki energi positif, maka hal itu akan berpengaruh terhadap psikis kita. Kita akan merasa malas dan bosan untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut dan tentu hal itu akan menghambat kita untuk berproses.

            Kesembilan, kerja sama diri sendiri dengan orang lain. Hampir sama dengan faktor dukungan yang telah dijelaskan diatas. Maka peran orang tua, teman, rekan, guru, atau dosen akan sangat membantu kita dalam usaha mengembangkan diri. Nasehat dan bimbingan dari mereka akan membuat keahlian kita semakin terarah dan tidak melenceng dari jalur. Tentu akan membuat keahlian kita lebih profesional.

            Dan yang terakhir adalah teladan yang baik. Carilah tokoh yang patut dijadikan teladan. Sebisa mungkin bahwa seorang yang dijadikan teladan itu berada di dekat kita, atau seseorang yang mudah ditemui. Dengan begitu akan memudahkan kita untuk melihat kesehariannya secara langsung dan dapat lebih memotivasi diri untuk meniru setiap kebiasaan positif dari tokoh tersebut. Misalnya seperti guru besar, ustad, kiai, tokoh-tokoh pendidikan yang setiap tindakannya dapat membuka pikiran kita akan pentingnya berproses dan mencapai sebuah hasil yang maksimal.
            Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan selama proses diri untuk menjadi orang yang hebat. Setiap poin di atas memang tidak mudah untuk dilakukan. Maka dari itu perlu sebuah langkah awal yang mengawali untuk mengubah pengetahuan tersebut menjadi sebuah implementasi dan pembiasaan.

Komentar

Postingan Populer