Kenalilah Keahlianmu, dan Tunjukkan !! (Part 3)



Mulai dari yang Kecil
            Bagaimanakah kita bisa mengembangkan minat dan bakat kita? Langkah awal yang perlu kita lakukan adalah mengenali bakat dan minat masing-masing. Kita tidak akan bisa mengembangkan minat dan bakat kita sedangkan kita tidak tahu apa minat dan bakat kita itu. Untuk yang sudah bisa mengenalinya maka bisa segera melanjutkan ke tahap selanjutnya. Tetapi untuk yang belum, mulailah dengan hal-hal yang sepele, perhatikan segala kegiatan kecil yang benar-benar menyenangkan untuk dilakukan. Atau mungkin saja mata pelajaran apa yang paling disenangi meskipun guru pembawa materinya killer. Itu sudah bisa menjadi acuan untuk mengenali bakat dan minat kita.
            Langkah yang kedua, setelah kita sudah bisa mengenali bakat dan minat kita, kemudian mulailah memberikan nilai plus pada kegiatan atau objek yang kita senangi. Seperti memberikan kapasitas waktu belajar yang lebih pada mata pelajaran yang disenangi, berikan waktu khusus untuk semakin memperdalam kegiatan atau objek itu. Berikan prioritas utama terhadapnya.
Contoh lainnya, berikan reward atau penghargaan terhadap diri sendiri ketika kita berhasil mendapatkan nilai 100 pada ujian mata pelajaran Bahasa Inggris, atau pastikan kita sebagai peserta paling rajin pada ekstrakurikuler tari tradisional. Sedikit bekerja lebih keras bukanlah hal yang sulit ketika kita melakukan hal-hal yang kita senangi. Meskipun banyak waktu yang digunakan, tetapi kita bisa menikmatinya dan dapat melakukan hal tersebut dengan baik tanpa harus ada paksaan untuk melakukannya.
            Langkah ketiga, lanjutkan kegiatan-kegiatan kecil di atas dengan kegiatan yang lebih besar. Tunjukkan usaha lebih keras terhadap hal itu. Seperti mulai mengikuti les, hadiri seminar-seminar dengan tema yang berhubungan atau yang tidak berhubungan untuk menambah nilai keaktifan kita terhadap hal lain. Selain itu, disertai pula dengan membaca buku. Pastikan kita tidak terlepas pada kegiatan-kegiatan itu setiap harinya.
Tentunya, semakin sering kegiatan yang disenangi dilakukan, maka akan membuat kita semakin terbiasa dengan kegiatan tersebut. Dan bisa menambah keahlian dan kematangan kita dalam bidang yang ditekuni. Selain itu, kegiatan yang akan dikuasai menjadi lebih professional jika adanya seorang tutor atau guru pembimbing. Sehingga tahapan penguasaan kita sudah tidak berada di taraf yang rendah lagi. Tetapi menanjak ke taraf yang lebih tinggi.
            Langkah keempat yaitu beranikan diri untuk berkompetisi. Keluarkan segala jurus yang telah dipelajari untuk dapat melawan seseorang yang memiliki kemampuan sama. Tetapi sebelum itu, pastikan bahwa ilmu yang telah kita capai sudah pantas untuk dikompetisikan. Karena dengan persiapan yang matang, akan membuat diri semakin percaya terhadap kemampuan diri. Rasa minder tidak akan muncul pada saat kompetisi berlangsung. Sebab perasaan minder yang ada dapat berpengaruh pada proses saat kita lomba. Seperti tidak adanya konsentrasi, selalu memperhatikan waktu, sibuk memperhatikan gerak-gerik lawan. Hal-hal seperti inilah yang dapat mengganggu kinerja kita.
Bayangan sebuah kekalahan akan terbayang di depan mata dan menghantui pikiran yang akan semakin membuat kita berputus asa. Kemudian muncullah rasa ingin menyerah di tengah-tengah sebuah perjuangan. Padahal, siapa tahu sebenarnya kemampuan kita lebih besar daripada lawan. Hanya saja lawan memiliki rasa percaya diri tinggi yang membuat mereka seolah-olah memiliki kemampuan hebat yang tak tertandingi.
Jadi, kesiapan mental juga perlu diperhatikan sebelum mengikuti sebuah kompetisi. Karena hal-hal inilah yang mampu mengantarkan kita ke dalam kesuksesan. Selain itu, dengan mengikuti sebuah kompetisi akan semakin membuat kita ingin menambah kemampuan dan keahlian kita. Jangan jadikan kekalahan sebagai pemutus bakat dan minat yang telah lama kita tekuni. Tetapi buatlah kekalahan itu sebagai dorongan untuk menjadi terbaik dari yang terbaik.
            Untuk langkah terakhir, jadikan minat dan bakat sebagai mata pencaharian yang bisa membawa keuntungan double. Tidak hanya menjadi kesenangan,  tetapi juga bisa membantu dari segi ekonomi. Seperti orang yang pandai menulis, mereka bisa mendapat uang saku tambahan dari pengiriman artikel ke koran-koran dan majalah. Atau bahkan menjadi penulis tetap. Tentu dengan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat, maka tidak ada kata malas untuk bekerja. Kita akan lebih rajin dan ulet terhadap pekerjaan.
Mungkin saja dengan keahlian kita yang sudah di dalam taraf expert, bisa mengantar kita keluar negeri bersekolah dengan beasiswa yang ada. Begitu banyak kesempatan-kesempatan lain jika kita kreatif  mengaplikasikan keahlian kita ke dalam hal-hal yang menguntungkan. Sehingga minat dan bakat itu tidak hanya menjadi kesenangan belaka.
            Begitulah beberapa langkah yang bisa digunakan untuk mengembangkan minat dan bakat. Memang di setiap langkah-langkah yang ada, membutuhkan sebuah kesabaran, ketelatenan, dan semangat yang tinggi. Dan jangan lupa, dengan doa yang kuat pula dapat menuntun kita menuju mimpi yang kita impi-impikan.

Komentar

Postingan Populer