Kenalilah Keahlianmu, dan Tunjukkan !! (Part 5)





Tunjukkan !!
          Setidaknya sekali dalam seumur hidup, satu bidang keahlian dikuasai. Mengapa harus demikian? Banyak lembaga yang menyediakan fasilitas untuk melatih dan mengembangkan minat dan bakat diri. Ada juga kompetisi yang menyediakan ajang minat dan bakat untuk menumbuhkembangkan kreasi diri. Karena menguasai minat dan bakat keahlian termasuk salah satu faktor penting untuk kita bisa bertahan hidup, selain membutuhkan oksigen dan juga makanan. Maka pendidikan juga menjadi salah satu kebutuhan kita.
Manusia hidup secara bergerombol dan berkelompok-kelompok. Itulah alasan mengapa manusia disebut sebagai makhluk sosial. Pendidikan menjadi salah satu hal penting di antara kalangan masyarakat.
Kita bisa membawa manfaat kepada orang-orang disekitar kita. Dengan keahlian pula kita bisa muncul di tengah-tengah mereka. Bahkan tidak jarang juga orang-orang bersekolah hingga ke perguruan tinggi agar bisa dianggap oleh suatu kalangan masyarakat tertentu. Jika tidak, maka untuk apa hidup di dunia ini? Apakah hanya tidur, makan, kemudian bersekolah yang setiap harinya datar-datar saja? Sepertinya tidak ada pencapaian yang bisa membuat kita semangat untuk hidup.
Usia remaja adalah masa yang paling tepat. Masa-masa yang paling cocok untuk dipenuhi dengan kegiatan-kegiatan positif yang membawa manfaat untuk masa dewasa nanti. Jangan takut untuk kehilangan waktu bermain dengan teman-teman atau hang out bersama pacar. Tetapi takutlah pada masa tua.
Seperti artis muda Pevita Pearce. Ia mempunyai kesibukan yang luar biasa. Di usianya yang ke-21 tahun, ia memiliki segudang aktifitas. Selain aktif di dunia seni peran dan bisnis, gadis ini juga sedang melanjutkan studi di sebuah perguruan tinggi. Secara otomatis akan ada banyak waktu yang tersita. Ia tidak terlalu mempermasalahkan dirinya yang jarang bisa bersenang-senang dengan teman-temannya. Sebab ia ingin meraih banyak hal di usia mudanya. Seperti yang tercetak di Koran Harian Surya edisi 20 November 2013, ia takut untuk menjadi tua. Karena pada masa tersebut harus diakui bahwa suatu produktivitas diri akan menurun dan waktu menjadi lebih sempit untuk mengembangkan wawasan, pengetahuan, dan pengalaman di bidang yang disukai.
Selain itu, Cinta Laura juga bisa menjadi salah satu inspirasi kita. Artis cantik blasteran German-Indonesia ini pun melanjutkan kuliahnya di luar negeri. Keinginannya berkuliah di luar negeri sudah lama ia tunjukan sejak ia masih duduk di bangku sekolah. Dan saat ini Cinta Laura berhasil melanjutkan pendidikannya di tempat Barrack Obama berkuliah, Columbia University, Amerika Serikat. Perempuan yang lahir di Jerman ini tak tanggung-tanggung untuk langsung mengambil program dual degree atau double major yakni jurusan Psikologi dan Ilmu Politik. Cinta mengaku ingin fokus dengan pendidikan yang sedang ditempuhnya ini, ia pun memiliki target untuk lulus cepat dari waktu yang telah ditetapkan oleh universitas. Diperkirakan Cinta akan lulus pada pertengahan tahun 2014. Selesai kuliah, Cinta akan melanjutkan karirnya ke Los Angeles, Amerika Serikat.
Nah, dari contoh-contoh di atas, bisa menunjukkan bahwa masa muda bukanlah masa untuk selalu bersenang-senang dan bermain-main. Malah seharusnya, kita gunakan masa muda untuk bekerja keras meraih mimpi sesuai dengan bidang yang kita senangi. Karena kita masih memiliki banyak waktu dan ketahan tubuh yang lebih kuat. Berbeda lagi jika kita sudah memasuki masa dewasa. Kita akan menikah, mengurus masalah kerumahtanggaan, anak-anak dan suami. Tidak ada banyak waktu panjang yang kita miliki untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kita senangi. Karena waktu itu telah terbatasi oleh kewajiban-kewajiban kita terhadap hal lain. Dan hal yang perlu diingat bahwa kekuatan fisik dan ketahanan tubuh kita nantinya juga akan menurun. Oleh karena itu, kita harus pikirkan secara matang-matang bagaimana kita bisa menghabiskan waktu masa muda dengan baik sebelum datangnya masa tua.
Buatlah hidup agar semakin berwarna dengan menorehkan prestasi-prestasi yang gemilang, dengan bermodalkan sebuah tekad dan impian yang kuat. Karena jika tidak ada sebuah tekad dan impian. Maka tidak akan ada pula target yang bisa mendorong kita untuk meraihnya. Kita akan stagnan, diam ditempat dan tidak akan maju. Percayalah, tidak ada yang tidak mungkin terjadi jika dilakukan dengan usaha dan diiringi doa. So, mari berkarya mulai dari sekarang. ^_^

                                                                                                  By: Dearga Sukaria

Komentar

Postingan Populer